BAJING KELAPA

Bajing kelapa atau yang di kenal sebagai Bajing atau Tupai, adalah hewan mamalia yang kecil dan lucu. dalam bahasa Inggris tupai ini disebut Plantain squirrel, dan bahasa latinnya adalah Callosciurus notatus. Rata-rata, panjang kepala dan tubuh 150-225 mm, dan ekornya 160-210 mm. Beratnya juga kira-kira hanya 150-280 gram. Dari luar, tupai ini terlihat biasa-biasa saja dengan warna rambutnya yang terkadang kurang enak untuk di pandang untuk beberapa orang, tetapi tupai ini memiliki warna yang unik di perutnya, yaitu jingga atau kemerahan, terang atau agak gelap. 

Tupai ini aktif di siang hari, sering di temukan di ranting-ranting pepohonan. Ia memakan buah kelapa, muda atau pun tua, di sisi lain pun ia juga memakan buah-buahan, pucuk, pepagan, dan aneka serangga yang ditemuinya. Dilaporkan pula bahwa bajing ini kadang-kadang merusak kulit ranting karet untuk menjilati getahnya.

Di pagi dan sore hari, kerap terdengar bunyinya yang tajam bergema, “ ..chek.. chek-cek-cek-cek-cek.. ”; atau bunyi tunggal nyaring “ .. chwit !”, yang dikeluarkannya sambil menggerak-gerakkan ekornya. Sarangnya sering ditemukan di lubang-lubang kayu atau di antara pelepah daun palma, berupa bola dari ranting dan serat tumbuhan berlapis-lapis. Bajing kelapa melahirkan anak hingga empat ekor, dan dapat beranak kapan saja sepanjang tahun.

Sayangnya aku lupa membawa kameraku minggu itu, sehingga aku nggak sempat untuk memotret makro tupai ini. Tetapi aku berjanji untuk menunjukkan tupai ini ke kalian semua, mudan-mudahan minggu depan. :) xoxo

sources : http://id.wikipedia.org/wiki/Bajing_kelapa

Comments

Popular Posts